Terintegrasi Call Center 112, BPBD Pekanbaru Siap Tangani Karhutla


Image : Terintegrasi Call Center 112, BPBD Pekanbaru Siap Tangani Karhutla
Kepala BPBD, Zarman Chandra - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Zarman Chandra mengatakan saat ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya sudah terintegrasi dengan layanan darurat tunggal atau call center 112. Sehingga, apabila terjadi bencana kebakaran lahan, banjir, dan sebagainya, masyarakat cukup menekan 112 untuk mendapatkan pertolongan.

"Apabila ada kegawatdaruratan, seperti kebakaran lahan, silahkan menghubungi BPBD Pekanbaru di nomor 08117651464. Tapi agar lebih praktis, bisa juga menghubungi call center 112, yang lebih mudah diingat," ujarnya, Minggu (28/7/2024).

Ia menjelaskan, saat ini Kota Pekanbaru memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran lahan. Ia pun meminta agar masyarakat waspada.

Menurutnya, penting bagi masyarakat untuk menghapal dan menyimpan layanan call center 112 atau nomor darurat lainnya untuk mengantisipasi apabila terjadi keadaan darurat.

"Call center 112 ini mudah diingat, tapi kita juga mengimbau masyarakat menyimpan nomor call center 112 ini. Sehingga saat terjadi keadaan darurat, dapat segera menelepon dan segera diantisipasi oleh instansi terkait," jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra menyampaikan Call Center 112 sudah direalisasikan di Kota Pekanbaru sejak tahun 2018. Layanan ini siaga selama 24 jam dalam sehari untuk mengantisipasi dan memberikan pertolongan kepada masyarakat saat keadaan darurat.

"Call Center 112 Pekanbaru Siaga diluncurkan oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Republik Indonesia, PROF. DR. H. Ahmad M. Ramli, dan Walikota Pekanbaru. DR. H. Firdaus, di halaman Kantor Walikota Pekanbaru, bertepatan dengan Upacara Peringatan HUT Korpri ke-47 pada 29 November 2018 lalu," paparnya.

Call Center 112 di Kota Pekanbaru, menurutnya bukan hanya melayani kedaruratan manusia, melainkan juga keadaan darurat yang menimpa hewan.

"Sejak tahun 2018 kita sudah siaga melayani keadaan darurat baik manusia maupun hewan. Selain sebagai layanan cepat tanggap keadaan darurat, layanan ini juga menjadi alat bagi Pemko Pekanbaru untuk mencatat persentase keadaan darurat, memetakan daerah rawan serta menganalisis kinerja dinas-dinas terkait," pungkasnya. (Kominfo10/RD5)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[14/08/2024] 17.382 Anak di Pekanbaru Sudah Jalani Vaksinasi Polio Tahap Kedua [14/08/2024] Dishub Pekanbaru Berharap Supeltas Dapat Dukung Kelancaran Lalu Lintas [14/08/2024] Diskop Pekanbaru Koordinasi dengan Disbudpar Promosikan Produk UMKM [14/08/2024] Satpol PP Pekanbaru Ingatkan Timses Calon Kepala Daerah Tidak Pasang Spanduk Sembarangan [14/08/2024] Sekdako Pekanbaru Serahkan Nilai ASKI kepada 10 OPD Terbaik [14/08/2024] Jumlah Pelaku UMKM di Pekanbaru Tahun Ini Meningkat