Si Lapis Ketan Inovasi RSD Madani untuk Tingkatkan Pelayanan


Image : Si Lapis Ketan Inovasi RSD Madani untuk Tingkatkan Pelayanan
Uji coba aplikasi Si Lapis Ketan dipimpin dr. Annisa Indrasari, MM selaku Kepala Bidang Pelayanan dan diikuti seluruh manajemen, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), serta PIC unit-unit terkait di lingkungan rumah sakit - Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Kota Pekanbaru, terus berupaya guna meningkatkan pelayanan bagi warga di Ibukota Provinsi Riau.

Terbaru, manajemen rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tersebut, berinovasi dengan membentuk aplikasi Sistem Informasi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien atau disingkat dengan Si Lapis Ketan.

Penerapan Si Lapis Ketan sendiri telah melalui tahap uji coba pada Jumat (13/5).

Tahap uji coba yang dipimpin dr. Annisa Indrasari, MM selaku Kepala Bidang Pelayanan dan sekaligus sebagai penggagas Si Lapis Ketan ini, diikuti seluruh manajemen, Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), serta PIC unit-unit terkait di lingkungan rumah sakit.

Dikatakan dr. Annisa, Si Lapis Ketan merupakan sistem informasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit dan mengurangi kejadian yang tidak diharapkan di rumah sakit.

"Aplikasi Si Lapis Ketan ini dapat diakses pasien, pengunjung, keluarga pasien dan seluruh pegawai RSD Madani melalui android," ungkapnya.

Pengguna aplikasi Si Lapis Ketan, lanjut dr Annisa, dapat melaporkan kejadian yang menyebabkan insiden keselamatan pasien melalui aplikasi tersebut dengan segera dan dapat langsung ditindaklanjuti oleh tim pengelola aplikasi Si Lapis Ketan.

Karena disebutkannya, insiden keselamatan pasien masih menjadi masalah utama di rumah sakit dimana berbagai macam pelayanan memiliki risiko yang mengancam keselamatan pasien.

Untuk itu, laporan insiden keselamatan pasien sangat penting karena insiden keselamatan pasien yang valid dan akurat akan menentukan evaluasi program dan pelayanan kesehatan selanjutnya yang berbasis keselamatan serta mendasari perbaikan sistem pelayanan dan pencegahan terjadinya insiden keselamatan pasien berulang.

“Insiden Keselamatan pasien masih menjadi masalah utama di rumah sakit dimana berbagai macam pelayanan memiliki risiko yang mengancam keselamatan pasien. Laporan Insiden Keselamatan Pasien sangat penting karena Insiden Keselamatan Pasien yang valid dan akurat akan menentukan evaluasi program dan pelayanan kesehatan selanjutnya yang berbasis keselamatan serta mendasari perbaikan sistem pelayanan dan pencegahan terjadinya insiden keselamatan pasien berulang, Dan diharapkan dengan hadirnya SI LAPIS KETAN ini maka dapat meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit dan mengurangi kejadian yang tidak diharapkan dirumah sakit” demikian papar dr. Arnaldo Eka Putra, Sp.PD selaku Direktur RSD Madani Kota Pekanbaru. (Kominfo6/RD3)


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[19/05/2022] Satpol PP Awasi Warnet yang Beroperasi Sampai Dini Hari [19/05/2022] Hadiri Musyawarah IPSM Ke-3, Kadinsos Pekanbaru Harapkan Sinergi Atasi Permasalahan Sosial [19/05/2022] Firdaus-Ayat Cahyadi Berhasil Benahi Manajemen ASN di Pemko Pekanbaru dalam 10 Tahun Kepemimpinan [18/05/2022] Wali Kota Pekanbaru Terima Penghargaan Kearsipan dari ANRI [18/05/2022] Kecamatan Bukit Raya Lahirkan Puluhan Inovasi dan Aplikasi Dalam Maksimalkan Layanan ke Masyarakat [18/05/2022] Selama Satu Dekade, Pemko Pekanbaru Miliki Prestasi di Bidang Perpustakaan dan Kearsipan