MANAJEMEN KOMPLAIN PADA RUMAH SAKIT DAERAH MADANI KOTA PEKANBARU


Image : MANAJEMEN KOMPLAIN PADA RUMAH SAKIT DAERAH MADANI  KOTA PEKANBARU
- Pekanbaru.go.id

PEKANBARU - Dewasa ini, Humas menduduki peran yang sangat penting dalam berbagai organisasi atau perusahaan. Humas memiliki andil yang besar dalam membangun citra perusahaan. Humas dapat membentuknya dengan mengedepankan berbagai peran dan kegiatan Humas di dalam perusahaan. Salah satu peran Humas adalah penghubung antara manajemen dan konsumennya. Hal ini membutuhkan ketrampilan Humas untuk membina hubungan di antara keduanya. Salah satunya adalah membuka jalan komunikasi. Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru merupakan rumah sakit, sabtu (24 /7/2021)  satu-satunya milik pemerintah Kota Pekanbaru yang diresmikan sejak tahun 2018 kini telah memiliki Humas Rumah Sakit.  Humas atau public relation (PR) pada institusi rumah sakit di masa sekarang bukan sekadar pemanis atau pelengkap administrasi saja. Humas rumah sakit profesional yang dapat bekerja sinergis dengan semua pihak terkait sangat dibutuhkan seiring dengan banyaknya kegiatan.

 

Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru merupakan rumah sakit tipe C dengan jumlah pegawai lebih dari 400 orang dan menjelang akhir Tahun 2020 lalu Rumah Sakit Daerah Madani telah ditetapkan oleh Gubernur Riau dan Walikota Pekanbaru sebagai rumah sakit khusus covid-19 serta sejak Februari 2021 dilaksanakannya vaksinasi Covid-19 pada Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru. Hal ini tentu akan tidak menutup kemungkinan terjadinya konflik terlebih pro dan kontra yang terjadi dimasyarakat tentang Covid-19 dan vaksinasi. Dalam kondisi seperti hal tersebut seorang Humas Rumah Sakit mempunyai tugas menjaga citra rumah sakit.

 

Permenkes 81 Tahun 2015 menyebutkan tentang pelaksana humas di bidang kesehatan memiliki tugas pokok, fungsi, dan peran yang penting dalam pengelolaan informasi dan komunikasi publik. Katanya, ada tiga tugas pokok dan fungsi, yakni kehumasan, menjaga citra. Kemudian, kerja sama, karena pastilah setiap rumah sakit itu punya kerja sama dengan stakeholders yang ikut mendukung semua aktivitas rumah sakit. Terakhir, berupa kemitraan.

 

Tidak semua konflik yang terjadi pada rumah sakit harus diselesaikan oleh humas. Konflik ringan menunjukkan masalah komplain yang ada di setiap sisi pelayanan. Semua orang di unit pelayanan wajib menjawab komplain tersebut. Jadi tidak harus Humas kalau masalah komplain kecil-kecil jika masalah tersebut bisa diselesaikan di lapangan. Kalau di lapangan tidak bisa, Humas rumah sakit ikut andil.

 

Masalah yang terjadi dirumah sakit tidak harus dokter yang turun tangan, karena tidak semua masyarakat mengerti bahasa medis. Disinilah letak tugas humas yaitu melakukan mediasi dengan keluarga pasien. apabila timbul komplain yang cukup serius, Humas wajib mempelajari apa yang terjadi. Biasanya komplain itu penyebab kematian, maka soal tersebut perlu diterangkan. Bukan dijelaskan melalui bahasa kedokteran, tapi Humas menerjemahkan istilah medis itu ke bahasa yang awam.

 

Pelayanan Humas berbeda dengan pemasaran. Banyak hal yang harus kita komunikasikan sebenarnya melalui Humas. Apalagi di zaman berita-berita yang kurang baik itu Humas harus terdepan untuk mengkomunikasikannya sehingga tidak timbul kesalahpahaman atau masyarakat menerima informasi yang kurang baik, informasi yang menyesatkan. Peran Humas juga memberikan masukan-masukan kepada manajemen tentang pola kebijakan yang terbaru. Apakah itu akan diterima oleh publik, apakah nanti tidak bertentangan dengan hukum, dan sebagainya.

 

Pasien dapat menyampaikan keluhan kepada Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru melalui call center RSD Madani melalui nomor 0822-6999-6060 atau datang langsung ke Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru lantai 2 untuk masyarakat yang akan menyampaikan komplain masalah vaksinasi atau permasalahan terkait layanan lainnya.  


Logo Pemkot

Pekanbaru.go.id

Portal Resmi Pemerintah Kota Pekanbaru Provinsi Riau

Tulis Komentar

[15/07/2024] Kendalikan Inflasi, Pemko Pekanbaru Lakukan Langkah Antisipasi [15/07/2024] ASN Pemko Pekanbaru Harus Jaga Netralitas Dalam Pilkada 2024 [15/07/2024] Pj Walikota Pekanbaru Turut Ramaikan Riau Bhayangkara Run 2024 [15/07/2024] Pemko Pekanbaru Usulkan 2 Ranperda ke DPRD, Salah Satunya Tentang KTR [15/07/2024] Pj Wali Kota Buka Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Ketua RT, RW, dan LPM dari 2 Kecamatan [15/07/2024] Pimpin Apel Pagi, Pj Wali Kota Pekanbaru Minta Damkar Hadir dan Berarti Bagi Masyarakat