PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berkomitmen untuk terus memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan penyampaian kritik, saran dan pengaduan melalui program SP4N LAPOR Kota Pekanbaru, yang sudah dilaunching sejak 2016 lalu.
Kepala Dinas Komunikas, Informasi Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Pekanbaru, Raja Hendra Saputra mengatakan SP4N LAPOR merupakan inovasi yang menjawab tantangan migrasi layanan publik dari offline ke online. Begitu pula dengan layanan terhadap kritik dan saran serta pengaduan.
"Melalui SP4N LAPOR, kita mendorong dan berharap masyarakat Kota Pekanbaru aktif dan berani menyampaikan keluhan-keluhan yang mereka alami atas pelayanan publik yang mereka terima, termasuk yang bentuknya aspirasi," ujarnya, Senin (8/1/2024).
SP4N LAPOR juga sudah terintegrasi dengan www.lapor.go.id yang diakses melalui pencarian daring, SMS 1708 (Telkomsel, Indosat, Three), Twitter @lapor1708 serta aplikasi mobile SP4N-LAPOR! (Android dan iOS).
Menurutnya, apabila masyarakat mau berpartisipasi memberikan masukan terkait layanan publik melalui SP4N LAPOR, maka program layanan ini dapat menjadi sarana pengelolaan pengaduan masyarakat yang sederhana, cepat dan tepat serta terkoordinasi dengan baik.
"Melalui SP4N LAPOR ini, maka kita bisa mengetahui dengan cepat dan terkoordinasi, layanan publik yang harus lebih dimaksimalkan," jelasnya.
Lebih lanjut, Raja mengatakan partisipasi masyarakat mengakses SP4N LAPOR sudah meningkat sejak 2023 lalu. Laporan didominasi terkait permasalahan kependudukan, ketertiban umum, dan infrastruktur jalan.
"Identitas masyarakat yang mengkritisi dan memberi saran terkait layanan publik di SP4N LAPOR tidak akan diketahui oleh pihak terlapor maupun publik," pungkasnya. (Kominfo10/RD5)