Sebagai kota investasi, Pemerintah Kota Pekanbaru selalu berinovasi dalam peningkatan pelayanan. Mulai dari mempermudah perizinan hingga pemberian pelayanan yang maksimal. Tahun ini, sebagai apresiasi itu, Pemko Pekanbaru dinobatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Terbaik Tingkat Kota yang dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam ajang Investment Award 2018 di Jakarta, Kamis (12/7).Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada hari jadi Pekanbaru ke-234 Senin (25/6) yang lalu, sepakat untuk membuat sebuah terobosan baru dalam hal mewujudkan Pekanbaru sebagai kota pintar yang diwujudkan melalui peningkatan pilar Smart Ekonomi. Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahayadi, S.SI memimpin jalannya rapat Forkopimda di Aula Kantor Wali Kota Pekanbaru, Rabu (30/5), mengaku siap untuk mendukung apa yang diminta oleh Kapolresta Pekanbaru.Di hari pertama penukaran uang pecahan baru, ratusan masyarakat memadati Masjid Raya Annur, Rabu (30/5). Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia menetapkan Masjid Raya Annur sebagai tempat untuk penukaran uang pecahan baru.Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru mengatakan untuk memeriahkan hari jadi Pekanbaru ke 234, Juni mendatang, pihaknya akan menggelar kegiatan Pekanbaru heritage.Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah mengumunkan jika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD tahun ajaran 2018/2019 dimulai tanggal 2 Juli mendatang. Bagi wali murid yang ingin menyekolahkan anaknya di usia 6 tahun, wali murid diwajibkan melampirkan hasil uji psikolog.Memasuki pekan kedua Ramadhan, Harga ayam di Pekanbaru mengalami kenaikan. Rabu (30/5) kenaikan harga di kisaran Rp2.000-Rp5.000 perkilogramnya.BIla dibandingkan dengan tahun 2017 lalu terjadi peningkatan tingkat kelulusan siswa SMP sederajat di Kota Pekanbaru.Harga cabai di Kota Pekanbaru mulai mengalami penurunan memasuki pekan kedua Ramadhan, Rabu (30/5).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka lomba MTQ antar wartawan se-Riau yang ditaja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru di Masjid Ar Rahman, Sabtu (26/5).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si, telah melakukan kegiatan serah terima sebanyak 2 aset dari Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta.Muhammad Ardi dan Duwi Cut Diana Putri terpilih menjadi bujang dan dara Pekanbaru 2018.Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Jumat (13/4) sore, mengunjungi Command Center Pemerintah Kota Pekanbaru di Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang berada di Jalan Pepaya, Pekanbaru.Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (7/4) di Sport Center Andalan Roesmin Nurjadin.Demi memastikan seluruh halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) aman dan nyaman bagi penumpang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT bersama anggota turun langsung memantau hal tersebut ke lapangan.Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru mulai mengedarkan surat imbauan kepada pedagang dan pengencer ikan kemasan (sarden,red) yang disinyalir mengandung cacing pita.Hingga Maret 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya 73 orang di Kota Pekanbaru terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).Kesempatan Kerja ! April Ini Disnaker Pekanbaru Gelar Job Fair 2018, akan dibuka 17-18 April mendatang di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Plt Wali Kota Pekanbaru Imbau Pusat Perbelanjaan Sediakan Sarana Ibadah

PDAM Tirta Siak Akan Benahi 4 Aspek untuk Jadi Lebih Baik

PDAM Tirta Siak Akan Benahi 4 Aspek untuk Jadi Lebih Baik
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak, Kemas Yuzferi Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU -- Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak, Kemas Yuzferi, mengatakan, saat ini tengah membenahi empat masalah krusial yang jadi pemicu terkait masalah pengembangan dan perbaikan kinerja di perusahaan air tersebut.

Lemahnya koordinasi dan singkronisasi program atau kegiatan antar stake holder terkait pengembangan PDAM Kota Pekanbaru belum berjalan dengan baik. Baik dari  pemerintah kota sebagai pemilik, maupun provinsi dan pusat.

"Itu salah satu masalah yang harus diselesaikan karena jadi penyebab sulitnya PDAM dalam meningkatkan kinerja, karena keterbatasan investasi dan pegembangannya," kata Kemas, Senin (7/5).

Dijelaskannya, sejak tahun 2014 sampai saat ini, perusahaan terus berupaya membangun komunikasi kepada seluruh stake holder yang dianggap dapat membantu pengembangan PDAM. Sebab mampu meningkatkan jumlah asset produktif yang dimiliki perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Masalah kedua yang dihadapi PDAM kata Kemas, terkait beban utang yang ditanggung perusahaan sangat besar dibanding aset atau modal yang dimiliki. Baik utang kepada pemerintah pusat, pihak ketiga dan utang jangka pendek diantaranya  iuran pensiun, utang operasional, pajak dan lainnya.

" Budaya organisasi juga merupakan masalah penting terhadap kemajuan PDAM. Dapat berkembang dengan baik apabila seluruh karyawan memiliki semangat kerja dan motivasi yang tinggi," jelasnya.

Masalah krusial terakhir yang harus dibenahi adalah masih rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan PDAM. Secara umum, masalah itu muncul karena faktor keterbatasan pengembangan sistem jaringan pipa, sistem perpompaan dan elemen pendukung pelayanan lain, sehingga PDAM kehilangan sebagian pelanggannya.

Berkaca dari tahun 2002 silam, PDAM Kota Pekanbaru masih memiliki pelanggan lebih dari 24.000 SR. Namun karena pelayanan yang belum membaik, membuat sebagian pelanggan meminta berhenti berlangganan. Kondisi itu juga diperparah karena kehilangan air akibat kerusakan pipa. Selain itu tidak efisiensi bekerjanya IPA dan perpompaan yang sudah semakin tua.

Namun sejak tahun 2015 hingga tahun 2017, PDAM Kota Pekanbaru mulai membaik dari aspek pelayanan. Hal itu karena sistem perpompaan mulai dari intake hingga pompa distribusi terus bertambah sebagai pengganti pompa-pompa yang sudah tidak efisien dan sering rusak. 

"Penambahan pipa juga terus diupayakan, sehingga secara perlahan PDAM mulai mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menambah pelanggan baru," tutupnya.

Berdasarkan data yang dimiliki jumlah pelanggan sampai tahun 2018 yakni sebanyak 12.468 SR. Dengan rincian pelanggan baru 1.158, penyambunagn kembali 67 SR dan pelanggan putus 1.257 SR.(Kominfo4/RD3)

 

526

Live Streaming Pekanbaru

Galeri Video



Pengumuman Terkini
Ucapan-Ucapan
Akhbar Islam | Berita Artikel HikmahIUR - Informasi Utama RiauTutorial Jitu Akhbar IslamIndoportal - Portal Berita IndonesiaFirman Santosa - Jasa Web dan Aplikasi Riau