Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Drs. Syafruddin, M.Si menyesalkan tidak ikutnya Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam memberi pelayanan di 14 Mal Pelayanan Publik (MPP) kabupaten/kota yang telah beroperasi sejak 2018 hingga 2019 ini.Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo bertindak sebagai pembina upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 di Stadion Kaharudin Nasution Rumbai, Rabu (6/3/2019) pagi.Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Syafrudin Msi secara langsung meresmikan pengoperasian Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).Seorang warga Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi bernama Kamil meraih tiket umroh gratis yang merupakan hadiah utama Jalan Sehat sempena Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 yang dipusatkan di kawasan Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Minggu (3/3/2019) pagi.Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengajak warga di Provinsi Riau khususnya warga Pekanbaru untuk bersama-sama meramaikan HUT Damkar ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 yang akan dipusatkan di Stadion Rumbai pada 6 Maret mendatang.Ribuan warga tumpah ruah mengikuti Jalan Sehat sempena Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 yang dipusatkan di kawasan Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Ahad (3/3/2019) pagi.Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi secara resmi membuka Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) sempena milad ke-4 PTQ Al-Muflihin Pekanbaru, bertempat di Masjid Al-Mukarramah Jalan Riau ujung, Sabtu (2/3/2019) Diimbau kepada seluruh ASN, THL, warga masyarakat yang belum merekam KTP Elektronik dan penduduk yang telah berusia 17 tahun, segera melakukan perekaman KTP-el dengan membawa foto copy Kartu Keluarga.Jalan Sehat sempena Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (HUT Damkar) ke-100, Satpol PP ke-69 dan Satlinmas ke-57 tingkat nasional tahun 2019 yang akan dipusatkan di kawasan Car Free Day Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Minggu (3/3/2019) pagi menyiapkan hadiah utama berupa tiga tiket umroh gratis.Jokowi Ingin Pekanbaru Jadi Jantung Ibu Kota Sumatera M Jamil dilantik sebagai ketua Taekwondo Indonesia (TI) masa jabatan 2019-2023. Pelantikan digelar di Hotel Pangeran, Jumat (18/1) malam.Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT menghadiri sekaligus menyaksikan pertandingan pembuka Iven Proliga 2019 putaran II yang dilaksanakan di Gelanggang Remaja Jalan Jendela Sudirman, Jumat (18/1).Jika dikelola dengan baik, kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru yakin, Danau Buatan atau Bandar Kayangan di Kecamatan Rumbai Pekanbaru bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pekanbaru. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Pagi Arengka, Jumat (18/1).Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp267 miliar yang bersumber dari APBN murni 2019.Program bank sampah yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah kota Pekanbaru mendapat dukungan penuh oleh kalangan legislatif di DPRD kota Pekanbaru.Selain dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah pusat, tahun ini kelurahan juga akan mendapatkannya. Hal ini juga akan didapat 83 kelurahan di Kota Pekanbaru. Masing-masing kelurahan akan menerima Rp30,8 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.Sepanjang tahun 2018 lalu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Pekanbaru telah mencatat 193 peristiwa kebakaran terjadi di Pekanbaru.

PDAM Tirta Siak Akan Benahi 4 Aspek untuk Jadi Lebih Baik

PDAM Tirta Siak Akan Benahi 4 Aspek untuk Jadi Lebih Baik
Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak, Kemas Yuzferi Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU -- Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Siak, Kemas Yuzferi, mengatakan, saat ini tengah membenahi empat masalah krusial yang jadi pemicu terkait masalah pengembangan dan perbaikan kinerja di perusahaan air tersebut.

Lemahnya koordinasi dan singkronisasi program atau kegiatan antar stake holder terkait pengembangan PDAM Kota Pekanbaru belum berjalan dengan baik. Baik dari  pemerintah kota sebagai pemilik, maupun provinsi dan pusat.

"Itu salah satu masalah yang harus diselesaikan karena jadi penyebab sulitnya PDAM dalam meningkatkan kinerja, karena keterbatasan investasi dan pegembangannya," kata Kemas, Senin (7/5).

Dijelaskannya, sejak tahun 2014 sampai saat ini, perusahaan terus berupaya membangun komunikasi kepada seluruh stake holder yang dianggap dapat membantu pengembangan PDAM. Sebab mampu meningkatkan jumlah asset produktif yang dimiliki perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Masalah kedua yang dihadapi PDAM kata Kemas, terkait beban utang yang ditanggung perusahaan sangat besar dibanding aset atau modal yang dimiliki. Baik utang kepada pemerintah pusat, pihak ketiga dan utang jangka pendek diantaranya  iuran pensiun, utang operasional, pajak dan lainnya.

" Budaya organisasi juga merupakan masalah penting terhadap kemajuan PDAM. Dapat berkembang dengan baik apabila seluruh karyawan memiliki semangat kerja dan motivasi yang tinggi," jelasnya.

Masalah krusial terakhir yang harus dibenahi adalah masih rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan PDAM. Secara umum, masalah itu muncul karena faktor keterbatasan pengembangan sistem jaringan pipa, sistem perpompaan dan elemen pendukung pelayanan lain, sehingga PDAM kehilangan sebagian pelanggannya.

Berkaca dari tahun 2002 silam, PDAM Kota Pekanbaru masih memiliki pelanggan lebih dari 24.000 SR. Namun karena pelayanan yang belum membaik, membuat sebagian pelanggan meminta berhenti berlangganan. Kondisi itu juga diperparah karena kehilangan air akibat kerusakan pipa. Selain itu tidak efisiensi bekerjanya IPA dan perpompaan yang sudah semakin tua.

Namun sejak tahun 2015 hingga tahun 2017, PDAM Kota Pekanbaru mulai membaik dari aspek pelayanan. Hal itu karena sistem perpompaan mulai dari intake hingga pompa distribusi terus bertambah sebagai pengganti pompa-pompa yang sudah tidak efisien dan sering rusak. 

"Penambahan pipa juga terus diupayakan, sehingga secara perlahan PDAM mulai mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menambah pelanggan baru," tutupnya.

Berdasarkan data yang dimiliki jumlah pelanggan sampai tahun 2018 yakni sebanyak 12.468 SR. Dengan rincian pelanggan baru 1.158, penyambunagn kembali 67 SR dan pelanggan putus 1.257 SR.(Kominfo4/RD3)

 

799

Live Streaming Pekanbaru

Galeri Video





Pengumuman Terkini
Ucapan-Ucapan
Akhbar Islam - Berita Artikel Hikmah dan Kajian Islam IUR - Informasi Utama Riau Firman Santosa - Jasa Pembuatan Web dan Aplikasi Riau Pekanbaru Ondewe - Pesan Tiket Travel Jasa Paving Block Pekanbaru Riau