Muhammad Ardi dan Duwi Cut Diana Putri terpilih menjadi bujang dan dara Pekanbaru 2018.Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Jumat (13/4) sore, mengunjungi Command Center Pemerintah Kota Pekanbaru di Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang berada di Jalan Pepaya, Pekanbaru.Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (7/4) di Sport Center Andalan Roesmin Nurjadin.Demi memastikan seluruh halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) aman dan nyaman bagi penumpang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT bersama anggota turun langsung memantau hal tersebut ke lapangan.Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru mulai mengedarkan surat imbauan kepada pedagang dan pengencer ikan kemasan (sarden,red) yang disinyalir mengandung cacing pita.Hingga Maret 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya 73 orang di Kota Pekanbaru terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).Kesempatan Kerja ! April Ini Disnaker Pekanbaru Gelar Job Fair 2018, akan dibuka 17-18 April mendatang di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Plt Wali Kota Pekanbaru Imbau Pusat Perbelanjaan Sediakan Sarana IbadahPlt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si, menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk meninjau jalan-jalan alternatif yang rusak parah selama adanya pembangunan jembatan flyover. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke 234 tahun 2018, Pemko bakal memberikan kado istimewa kepada warga kota.PLN Area Kota Pekanbaru menjamin pasokan listrik aman selama proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 23-26 April mendatang.

Menteri Perdagangan Canangkan Kota Pekanbaru Sebagai DTU Tahun 2018

Menteri Perdagangan Canangkan Kota Pekanbaru Sebagai DTU Tahun 2018
Menteri Perdagangan Canangkan Kota Pekanbaru Sabagai DTU Tahun 2018 Pekanbaru.Go.Id

BANDUNG -- Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Enggartiasto Lukita mencanangkan dan penandatanganan kepada sembilan daerah di Indonesia, sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU) tahun 2018 yang dilakukan di Hotel El Royale Bandung, Jum'at, (23/3).

Ini sebagai bentuk perlindungan masyarakat, konsumen dan meningkatkan citra pasar rakyat.

Sembilan daerah tersebut salah satunya adalah Kota Pekanbaru bersama delapan daerah lainnya, antara lain Kota Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kota Ambon Provinsi Maluku, Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur, Kabupaten Buleleng Provinsi Bali.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita dalam acara itu mengatakan pada tahun 2017 kemarin, pihaknya telah membentuk 32 DTU atau sekitar 6% dari 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

Sementara, untuk Pasar Tertib Ukur (PTU) telah terbentuk 943 PTU di 34 provinsi, atau sekitar 9,8% dari total 9.559 unit pasar tradisional di Indonesia.

"Ini merupakan salah satu program prioritas metrologi legal. Untuk tahun 2018, saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan pencanangan sembilan daerah untuk pembentukan DTU tahun 2018 dan saya harapkan dapat menyelesaikan seluruh tahapannya dengan baik," ungkapnya.

Enggar menambahkan, adapun jaminan kebenaran dalam hal penggunaan alat ukur tersebut, khususnya dalam transaksi perdagangan menjadi hal yang sangat penting, dalam mendukung pertumbuhan ekonomi secara makro.

"Secara tidak langsung, dampak ekonomi proses pengukuran sangat berpengaruh terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), maupun Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) masing-masing daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota," pungkasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Pekanbaru H. Ayat Cahyadi, S.Si yang menghadiri acara tersebut menyambut baik atas ditetapkannya Kota Pekanbaru dan delapan daerah lainnya, sebagai calon DTU tahun 2018 oleh Menteri Perdagangan.

"Alhamdulillah, ketetapan ini harus kita syukuri dan perlu ditingkatkan. Saya mengimbau kepada pedagang di Pekanbaru, mari benar-benar memakai timbangan yang sesuai, timbangan yang pas, sehingga pelanggan atau konsumen menjadi puas," ujarnya.

Plt Wali Kota juga meminta Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru untuk proaktif melakukan monitoring dan evaluasi terhadap para pedagang di pasar. Melakukan tera ulang timbangan, sekaligus memastikan ketersediaan stok sembako yang jelang dua bulan kedepan akan memasuki bulan Ramadhan.

"Pak Menteri tadi juga menyampaikan  soal ketersediaan sembako di daerah, jelang Ramadhan nanti harus terpenuhi dengan baik," tambah Plt Wali Kota. (Kominfo2/RD3)

5

Galeri Video



UCAPAN-UCAPAN