Muhammad Ardi dan Duwi Cut Diana Putri terpilih menjadi bujang dan dara Pekanbaru 2018.Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Jumat (13/4) sore, mengunjungi Command Center Pemerintah Kota Pekanbaru di Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang berada di Jalan Pepaya, Pekanbaru.Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (7/4) di Sport Center Andalan Roesmin Nurjadin.Demi memastikan seluruh halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) aman dan nyaman bagi penumpang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT bersama anggota turun langsung memantau hal tersebut ke lapangan.Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru mulai mengedarkan surat imbauan kepada pedagang dan pengencer ikan kemasan (sarden,red) yang disinyalir mengandung cacing pita.Hingga Maret 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya 73 orang di Kota Pekanbaru terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).Kesempatan Kerja ! April Ini Disnaker Pekanbaru Gelar Job Fair 2018, akan dibuka 17-18 April mendatang di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Plt Wali Kota Pekanbaru Imbau Pusat Perbelanjaan Sediakan Sarana IbadahPlt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si, menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk meninjau jalan-jalan alternatif yang rusak parah selama adanya pembangunan jembatan flyover. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke 234 tahun 2018, Pemko bakal memberikan kado istimewa kepada warga kota.PLN Area Kota Pekanbaru menjamin pasokan listrik aman selama proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 23-26 April mendatang.

Disdalduk KB Kukuhkan Pokdawis di Kampung KB Meranti Pandak

Disdalduk KB Kukuhkan Pokdawis di Kampung KB Meranti Pandak
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB), M Amin bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Keluarga berencana (KB)  Meranti Pandak. Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU-- Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk KB), M Amin mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kampung Keluarga berencana (KB)  Meranti Pandak.

Dikatakannya, dengan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di Kelurahan Meranti Pandak merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di wilayahnya sehingga bisa menjadi daya tarik masyarakat luar.

"Pokdarwis ini merupakan kelompok swadaya dan swakarsa masyarakat yang dalam aktivitas sosialnya berupaya untuk meningkatkan pemahaman kepariwisataan, meningkatkan peran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kepariwisataan, meningkatkan nilai manfaat kepariwisataan bagi masyarakat/anggota Pokdarwis dan mensukseskan pembangunan kepariwisataan," ujarnya.

Sadar Wisata dan Sapta Pesona menurut Amin adalah sebagai unsur penting dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata tentu tidak dapat terwujud secara otomatis tanpa adanya langkah dan upaya-upaya untuk merintis, menumbuhkan, mengembangkan dan melaksanakan secara konsisten di destinasi pariwisata. 

"Oleh karena itu, perlu ditumbuhkan peran serta masyarakat secara aktif dalam mengembangkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona bersama-sama dengan pemangku kepentingan terkait lainnya," ujarnya.

Dalam hal ini lanjut Amin, Pokdarwis sebagai bentuk kelembagaan informal yang dibentuk anggota masyarakat (khususnya yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan kepariwisataan di daerahnya) merupakan salah satu unsur pemangku kepentingan dalam masyarakat yang memilki keterkaitan dan peran penting dalam mengembangkan dan mewujudkan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di daerahnya," ujarnya.

Kelembagaan di tingkat masyarakat yang anggotanya terdiri dari para pelaku kepariwisataan yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta berperan sebagai penggerak dalam mendukung terciptanya iklim kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan serta terwujudnya Sapta Pesona (Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah dan Kenangan) dalam meningkatkan pembangunan daerah melalui kepariwisataan dan manfaatkannya bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Disisi lain, Kabid Dalduk, Doni Sali Irwan mengatakan, Kampung KB Meranti Pandak yang berada di daerah aliran sungai ini memang dari awal sudah kita lihat sektor wisata nya. "Sehingga pada hari ini sudah melihat kan hasil dengan terbentuknya pokdarwis yang juga bersinergi dengan Dinas Pariwisata selaku leading sektor nya," ujarnya.

Ia juga menambahkan, pihaknya akan tingkatkan lagi perhatian pada Pokdarwis di Kampung KB ini dengan harapan Kampung KB Meranti Pandak menjadi Kampung KB Wisata yang maju dan dapat memajukan sektor sektor lainya. "Sehingga program KKBPK di kota Pekanbaru baik itu sektor kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarganya serta mendapatkan ending akhirnya yakni menjadikan kota Pekanbaru Smartcity yang Madani," tutupnya. (kominfo7/RD3)

24

Galeri Video



UCAPAN-UCAPAN