Muhammad Ardi dan Duwi Cut Diana Putri terpilih menjadi bujang dan dara Pekanbaru 2018.Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Jumat (13/4) sore, mengunjungi Command Center Pemerintah Kota Pekanbaru di Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang berada di Jalan Pepaya, Pekanbaru.Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (7/4) di Sport Center Andalan Roesmin Nurjadin.Demi memastikan seluruh halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) aman dan nyaman bagi penumpang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT bersama anggota turun langsung memantau hal tersebut ke lapangan.Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru mulai mengedarkan surat imbauan kepada pedagang dan pengencer ikan kemasan (sarden,red) yang disinyalir mengandung cacing pita.Hingga Maret 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya 73 orang di Kota Pekanbaru terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).Kesempatan Kerja ! April Ini Disnaker Pekanbaru Gelar Job Fair 2018, akan dibuka 17-18 April mendatang di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Plt Wali Kota Pekanbaru Imbau Pusat Perbelanjaan Sediakan Sarana IbadahPlt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si, menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru untuk meninjau jalan-jalan alternatif yang rusak parah selama adanya pembangunan jembatan flyover. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru ke 234 tahun 2018, Pemko bakal memberikan kado istimewa kepada warga kota.PLN Area Kota Pekanbaru menjamin pasokan listrik aman selama proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan digelar 23-26 April mendatang.

Dispusip Taja Kegiatan Dongeng Bagi Murid TK

Dispusip Taja Kegiatan Dongeng Bagi Murid TK
Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Hj Nelfiyona memberikan sambutan dalam event sempena hari dongeng sedunia di gedung perpustaan dan kearsipan jalan DR soetomo, Selasa (20/3). Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU— Dalam rangka memeriahkan hari dongeng sedunia tahun 2018, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru menggelar kegiatan mendongeng bersama 120 murid Taman Kanak-kanak (TK), Selasa (20/3).

Kegiatan ini dilakukan di perpustakaan umum  Kota Pekanbaru di Jalan DR Sutomo nomor 1, dengan melibatkan murid-murid TK di bawah naungan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Sail.

Kepala Dispusip Kota Pekanbaru Hj Nelfiyona mengatakan, ada beberapa kegiatan yang lakukan bersempena hari dongeng sedunia tahun 2018 yang mengangkat tema "Smart Mother and Children Activity" tersebut.

Antara lain mendongeng bersama Kak Dadang, dan memberikan keterampilan kreativitas membuat sabun cuci piring kepada 60 ibu-ibu yang hadir mendampingi anaknya dalam kegiatan dongeng tersebut.

"Selain mendongeng, lebih kurang 60 ibunya juga diberikan keterampilan membuat sabun cuci piring. Kegiatan ini bekerjasama dengan WRP dan transvision, serta mengundang beberapa penerbit seperti Bumi Aksara dan Erlangga untuk bazar buku-buku murah," ujarnya.

Kegiatan yang ditaja Dispusip ini kata Nelfiyona juga untuk meningkatkan minat dan budaya baca masyarakat Kota Pekanbaru, dengan melakukan transformasi layanan perpustakaan yang menjadikan perpustakaan bukan hanya sebagai pusat baca, namun juga sebagai pusat berbagai aktifitas bagi masyarakat. Menumbuhkan minat baca kepada masyarakat, terutama anak-anak usia dini dan ibu-ibu merupakan sasaran utama program Dispusip yang harus tercapai dan terlaksana di tengah masyarakat.

"Program "20 menits reading of mother and child" dimana seorang ibu harus membacakan cerita kepada anak setiap hari minimal 20 menit sebelum tidur. Program ini kita harapkan menjadi virus yg mewabah di semua keluarga muda di Kota Pekanbaru. Kemudian bagaimana para guru mengharuskan si anak untuk kembali menceritakan dongeng yg didengarnya dari sang ibunya tadi," katanya.

Kegiatan seperti ini menurutnya, perlu terus dikembangkan. Mengingat rendahnya minat dan budaya baca masyarakat saat ini, yang berdasarkan hasil kajian Perpustakaan Nasional Indonesia terhadap rata-rata tingkat kegemaran membaca, masyarakat Indonesia menunjukkan bahwa bangsa Indonesia masih berada pada kategori rendah dengan nilai 36,48. Sementara masyarakat provinsi Riau yg sampelnya diambil dari Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, berada pada urutan sangat rendah, yakni 24,9.

Mengejar ketertinggalan itulah Dispusip merumuskan kebijakan peningkatan akses masyarakat terhadap bahan bacaan  dan pemberdayaan perpustakaan. Diantaranya melalui layanan mobil perpustakaan keliling yg menjangkau masyarakat umum, sekolah-sekolah dan lapas, layanan pustaka keliling siaga, melakukan inovasi layanan berbasis TIK dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat secara cepat, tepat dan mudah.

"Selain itu, Dispusip juga hadir dalam layanan radio online dan layanan perpustakaan digital melalui fitur iPekanbaru yang dapat diakses melalui Android dan desktop dengan koleksi buku digital sebanyak 8.000 buku.

Dispusip juga melakukan transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial dengan menyediakan tempat atau ruang untuk dapat dimanfaatkan masyarakat seoptimal mungkin sebagai tempat berkumpul, berdiskusi berbagi pengalaman dan ruang untuk berbagai kreatifitas masyarakat," tambah Nelfiyona. (Kominfo2/RD3)

80

Galeri Video



UCAPAN-UCAPAN