Jokowi Ingin Pekanbaru Jadi Jantung Ibu Kota Sumatera M Jamil dilantik sebagai ketua Taekwondo Indonesia (TI) masa jabatan 2019-2023. Pelantikan digelar di Hotel Pangeran, Jumat (18/1) malam.Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT menghadiri sekaligus menyaksikan pertandingan pembuka Iven Proliga 2019 putaran II yang dilaksanakan di Gelanggang Remaja Jalan Jendela Sudirman, Jumat (18/1).Jika dikelola dengan baik, kalangan legislatif di DPRD Kota Pekanbaru yakin, Danau Buatan atau Bandar Kayangan di Kecamatan Rumbai Pekanbaru bisa menyumbang pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pekanbaru. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru melakukan penertiban Pedagang Kaki Lima (PKL) di Pasar Pagi Arengka, Jumat (18/1).Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp267 miliar yang bersumber dari APBN murni 2019.Program bank sampah yang saat ini terus digalakkan oleh pemerintah kota Pekanbaru mendapat dukungan penuh oleh kalangan legislatif di DPRD kota Pekanbaru.Selain dana desa yang sudah dikucurkan pemerintah pusat, tahun ini kelurahan juga akan mendapatkannya. Hal ini juga akan didapat 83 kelurahan di Kota Pekanbaru. Masing-masing kelurahan akan menerima Rp30,8 juta yang bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan.Sepanjang tahun 2018 lalu, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkar) Kota Pekanbaru telah mencatat 193 peristiwa kebakaran terjadi di Pekanbaru.Wako Ingin Ada Tim Voli Profesional di Pekanbaru Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT, optimis jika Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menerima Piala Adipura sebagai kota besar terbersih di Indonesia dari Pemerintah Pusat.Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Pekanbaru, melaksanakan kegiatan jemput bola perekaman e-KTP di Rutan Sialang Bungkuk, Kamis (17/1/2019). Dalam kegiatan tersebut, total ada 50 warga binaan yang melakukan perekaman e-KTP.Musyawarah Kelurahan Pertanggungjawaban Tahunan (MKPT) Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan Pinjam (UEK-SP) Amanah Mandiri Kelurahan Sidomulyo Timur , Marpoyan Damai , Kamis (17/01/19) sukses diselenggarakan. "Masjid, selain sarana untuk ibadah, juga untuk membina rohani Islam untuk umat muslim (muslim). Maka setiap pagi Jumat, ada siraman rohani di Masjid Nurusalim ini. Karena ini baik, saya tegaskan ini wajib untuk seluruh ASN di Pemko Pekanbaru," terang Walikota Pekanbaru. Camat Bukit Raya, Wahyu Idris menyatakan bahwa pihaknya sangat berkomitmen untuk membasmi prilaku penyakit masyarakat (Pekat) di wilayah kerjanya. Untuk itu kepada setiap RT dan RW setempat diminta waspada dan jika ada hal yang mencurigakan mesti segera dilaporkan.Mengawali tahun 2019, Camat Tenayan Raya, Abdimas Syahfitra melaksanakan Safari Posyandu. Monitoring ini dilakukan guna meningkatkan pelayanan kesehatan untuk masyarakat. Bulan ini, Posyandu Seroja Ceria Kelurahan Sialang Rampai menjadi lokasi safarinya.Meski sudah dilakukan penertiban berkali-kali, para pedagang pasar higienis masih saja terlihat berjualan disepanjang jalan Teratai Pekanbaru, dengan alasan kondisi pasar higienis yang sepi pembeli.Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru dalam waktu dekat segera turun memperbaiki kerusakan jalan yang dikeluhkan masyarakat Kota Pekanbaru.Meskipun waktu pemberian vaksin MR secara serentak di Pekanbaru sudah berakhir pada akhir tahun 2018 lalu, untuk masyarakat yang anaknya belum diberi vaksin MR dapat mendatangi Puskesmas terdekat.Saat ini, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru sudah memasang sebanyak 275 tapping box di lokasi wajib pajak seperti rumah makan, restoran, hotel dan tempat usaha lainnya yang ada di Kota Pekanbaru.

Gandeng 168 Solution, Kominfo Latih Operator Pekanbaru Call Center 112

 Gandeng 168 Solution, Kominfo Latih Operator Pekanbaru Call Center 112
Salah seorang Narasumber dari 168 Solution Jakarta memberikan materi pembelajaran tentang Mengelola Call Center 112 di Pekanbaru Command Center, Kamis (23/8) Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU-- Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama Pemko Pekanbaru memberikan pelatihan teknik dasar komunikasi dan call manajemen kepada operator Pekanbaru Call Center 112 di ruang Pekanbaru Comand Center, Kamis (23/8).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Deni Hidayat ST.

"Pekanbaru Call center 112 merupakan terobosan Bapak Walikota Pekanbaru dalam mempercepat pelayanan kepada warga, terutama terkait masalah kegawatdaruratan dan juga layanan publik di kota Pekanbaru," ujarnya.

Layanan Pekanbaru Call center 112 ini dijelaskan Deni merupakan layanan yang bisa diakses oleh publik Pekanbaru secara gratis untuk melaporkan situasi darurat seperti kebakaran, bencana alam, kemacetan, termasuk juga peristiwa kriminal.

"Hari ini kita melatih beberapa operator/call taker, dispatcher dan responder dari sejumlah OPD dan stakeholder terkait pada layanan Call Center 112. Pelatihan ini difasilitasi oleh PT. 168 Solution yang merupakan mitra dari Kemenkominfo di Jakarta," kata Deni.

Peserta pelatihan pada hari pertama ini dihadiri oleh utusan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Satuan Pol-PP, Polresta Pekanbaru dan Tagana. 

Dikatakan lagi, layanan yang aktif selama 24 jam sekaligus ini berfungsi mengintegrasikan seluruh layanan yang ada di kota Pekanbaru, seperti Pemadam Kebakaran (Damkar), layanan Pekanbaru Home Care, Dinas Perhubungan, Penanggulangan Bencana, SAR, termasuk juga kepolisian. 

Jadi kedepannya, warga Pekanbaru tidak perlu mengingat banyak nomor layanan, cukup menghubungi 112, operator yang akan men dispatch secara cepat ke instansi terkait," lanjutnya.

Sementara itu di tempat yang sama, perwakilan dari PT 168 Solution, Lusinar Pujiati yang melatih operator tersebut mengatakan bahwa materi pelatihan yang berikan antara lain seperti komunikasi dan call manajemen, pengenalan aplikasi, service mindset and teamwork, stress manajement, layanan kebakaran, kebencanaan, polisi dan juga darurat kesehatan, serta administrasi dan pelaporan.

Pelatihan dalam rangka menyiapkan SDM serta team work (Call Taker, Dispatcher dan Responder) ini dilatih secara khusus dengan beberapa sesi, yang diakhiri keesokan harinya dengan simulasi kepada peserta bagaimana mengoperasikan layanan call center 112 berjalan dengan baik.

"Kami datang dua orang dari 168 Solution disini ditugaskan khusus untuk melatih operator Pekanbaru Call Center 112. Besok kami akan simulasi tentang apa yang pelajari disini, dan juga ada penyerahan piagam kepada Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Sekedar diketahui, Pemko Pekanbaru selaku pelaksana Layanan Pekanbaru Siaga 112 menyediakan dukungan tim teknis, supervisor dan operator serta fasilitas pusat informasi yang siap melayani laporan masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya. Layanan ini rencananya akan dilaunching pada awal bulan Oktober 2018.

Petugas layanan 112 ini akan menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kebakaran, tindak kriminal, kecelakaan, kebutuhan ambulans dan penangganan kesehatan yang bersifat gawat darurat.

Sejumlah operator telekomunikasi pun diketahui turut mendukung Layanan Pekanbaru Siaga 112 ini. Untuk menggunakan layanan Pekanbaru Siaga 112, masyarakat dapat langsung mengontak nomor 112 dari sambungan telepon rumah atau seluler dari semua operator telekomunikasi tanpa biaya, karena layanan ini merupakan layanan bebas pulsa.

Layanan panggilan darurat 112 ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 10 Tahun 2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat. Sebagai nomor tunggal panggilan darurat, layanan itu ditujukan untuk menyediakan akses yang mudah diingat dan dihubungi masyarakat ketika terjadi kondisi darurat. (Kominfo2/RD3). 

307

Live Streaming Pekanbaru

Galeri Video





Pengumuman Terkini
Ucapan-Ucapan
Akhbar Islam | Berita Artikel HikmahIUR - Informasi Utama RiauTutorial Jitu Akhbar IslamIndoportal - Portal Berita IndonesiaFirman Santosa - Jasa Web dan Aplikasi Riau