Sebagai kota investasi, Pemerintah Kota Pekanbaru selalu berinovasi dalam peningkatan pelayanan. Mulai dari mempermudah perizinan hingga pemberian pelayanan yang maksimal. Tahun ini, sebagai apresiasi itu, Pemko Pekanbaru dinobatkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Terbaik Tingkat Kota yang dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dalam ajang Investment Award 2018 di Jakarta, Kamis (12/7).Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru yang telah melaksanakan Memorandum of Understanding (MoU) bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) pada hari jadi Pekanbaru ke-234 Senin (25/6) yang lalu, sepakat untuk membuat sebuah terobosan baru dalam hal mewujudkan Pekanbaru sebagai kota pintar yang diwujudkan melalui peningkatan pilar Smart Ekonomi. Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahayadi, S.SI memimpin jalannya rapat Forkopimda di Aula Kantor Wali Kota Pekanbaru, Rabu (30/5), mengaku siap untuk mendukung apa yang diminta oleh Kapolresta Pekanbaru.Di hari pertama penukaran uang pecahan baru, ratusan masyarakat memadati Masjid Raya Annur, Rabu (30/5). Sebagaimana diketahui, Bank Indonesia menetapkan Masjid Raya Annur sebagai tempat untuk penukaran uang pecahan baru.Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru mengatakan untuk memeriahkan hari jadi Pekanbaru ke 234, Juni mendatang, pihaknya akan menggelar kegiatan Pekanbaru heritage.Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru telah mengumunkan jika Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD tahun ajaran 2018/2019 dimulai tanggal 2 Juli mendatang. Bagi wali murid yang ingin menyekolahkan anaknya di usia 6 tahun, wali murid diwajibkan melampirkan hasil uji psikolog.Memasuki pekan kedua Ramadhan, Harga ayam di Pekanbaru mengalami kenaikan. Rabu (30/5) kenaikan harga di kisaran Rp2.000-Rp5.000 perkilogramnya.BIla dibandingkan dengan tahun 2017 lalu terjadi peningkatan tingkat kelulusan siswa SMP sederajat di Kota Pekanbaru.Harga cabai di Kota Pekanbaru mulai mengalami penurunan memasuki pekan kedua Ramadhan, Rabu (30/5).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka lomba MTQ antar wartawan se-Riau yang ditaja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Pekanbaru di Masjid Ar Rahman, Sabtu (26/5).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si, telah melakukan kegiatan serah terima sebanyak 2 aset dari Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta.Muhammad Ardi dan Duwi Cut Diana Putri terpilih menjadi bujang dan dara Pekanbaru 2018.Kepala Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru, Kombes Pol Susanto, Jumat (13/4) sore, mengunjungi Command Center Pemerintah Kota Pekanbaru di Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian yang berada di Jalan Pepaya, Pekanbaru.Pemerintah Kota Pekanbaru melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Bank Negara Indonesia (BNI) tentang peningkatan UMKM, Kamis (14/4).Plt Wali Kota Pekanbaru, H. Ayat Cahyadi, S.Si membuka kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Marpoyan Damai, Sabtu (7/4) di Sport Center Andalan Roesmin Nurjadin.Demi memastikan seluruh halte bus Trans Metro Pekanbaru (TMP) aman dan nyaman bagi penumpang, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Drs Kendi Harahap MT bersama anggota turun langsung memantau hal tersebut ke lapangan.Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru mulai mengedarkan surat imbauan kepada pedagang dan pengencer ikan kemasan (sarden,red) yang disinyalir mengandung cacing pita.Hingga Maret 2018, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat setidaknya 73 orang di Kota Pekanbaru terserang Demam Berdarah Dengue (DBD).Kesempatan Kerja ! April Ini Disnaker Pekanbaru Gelar Job Fair 2018, akan dibuka 17-18 April mendatang di Politeknik Caltex Riau (PCR) Rumbai. Plt Wali Kota Pekanbaru Imbau Pusat Perbelanjaan Sediakan Sarana Ibadah

Gandeng 168 Solution, Kominfo Latih Operator Pekanbaru Call Center 112

 Gandeng 168 Solution, Kominfo Latih Operator Pekanbaru Call Center 112
Salah seorang Narasumber dari 168 Solution Jakarta memberikan materi pembelajaran tentang Mengelola Call Center 112 di Pekanbaru Command Center, Kamis (23/8) Pekanbaru.Go.Id

PEKANBARU-- Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama Pemko Pekanbaru memberikan pelatihan teknik dasar komunikasi dan call manajemen kepada operator Pekanbaru Call Center 112 di ruang Pekanbaru Comand Center, Kamis (23/8).

Pelatihan yang berlangsung selama dua hari ini dipimpin oleh Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru, Deni Hidayat ST.

"Pekanbaru Call center 112 merupakan terobosan Bapak Walikota Pekanbaru dalam mempercepat pelayanan kepada warga, terutama terkait masalah kegawatdaruratan dan juga layanan publik di kota Pekanbaru," ujarnya.

Layanan Pekanbaru Call center 112 ini dijelaskan Deni merupakan layanan yang bisa diakses oleh publik Pekanbaru secara gratis untuk melaporkan situasi darurat seperti kebakaran, bencana alam, kemacetan, termasuk juga peristiwa kriminal.

"Hari ini kita melatih beberapa operator/call taker, dispatcher dan responder dari sejumlah OPD dan stakeholder terkait pada layanan Call Center 112. Pelatihan ini difasilitasi oleh PT. 168 Solution yang merupakan mitra dari Kemenkominfo di Jakarta," kata Deni.

Peserta pelatihan pada hari pertama ini dihadiri oleh utusan dari Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Satuan Pol-PP, Polresta Pekanbaru dan Tagana. 

Dikatakan lagi, layanan yang aktif selama 24 jam sekaligus ini berfungsi mengintegrasikan seluruh layanan yang ada di kota Pekanbaru, seperti Pemadam Kebakaran (Damkar), layanan Pekanbaru Home Care, Dinas Perhubungan, Penanggulangan Bencana, SAR, termasuk juga kepolisian. 

Jadi kedepannya, warga Pekanbaru tidak perlu mengingat banyak nomor layanan, cukup menghubungi 112, operator yang akan men dispatch secara cepat ke instansi terkait," lanjutnya.

Sementara itu di tempat yang sama, perwakilan dari PT 168 Solution, Lusinar Pujiati yang melatih operator tersebut mengatakan bahwa materi pelatihan yang berikan antara lain seperti komunikasi dan call manajemen, pengenalan aplikasi, service mindset and teamwork, stress manajement, layanan kebakaran, kebencanaan, polisi dan juga darurat kesehatan, serta administrasi dan pelaporan.

Pelatihan dalam rangka menyiapkan SDM serta team work (Call Taker, Dispatcher dan Responder) ini dilatih secara khusus dengan beberapa sesi, yang diakhiri keesokan harinya dengan simulasi kepada peserta bagaimana mengoperasikan layanan call center 112 berjalan dengan baik.

"Kami datang dua orang dari 168 Solution disini ditugaskan khusus untuk melatih operator Pekanbaru Call Center 112. Besok kami akan simulasi tentang apa yang pelajari disini, dan juga ada penyerahan piagam kepada Pemko Pekanbaru," ujarnya.

Sekedar diketahui, Pemko Pekanbaru selaku pelaksana Layanan Pekanbaru Siaga 112 menyediakan dukungan tim teknis, supervisor dan operator serta fasilitas pusat informasi yang siap melayani laporan masyarakat Pekanbaru dan sekitarnya. Layanan ini rencananya akan dilaunching pada awal bulan Oktober 2018.

Petugas layanan 112 ini akan menerima dan menindaklanjuti laporan masyarakat terkait kebakaran, tindak kriminal, kecelakaan, kebutuhan ambulans dan penangganan kesehatan yang bersifat gawat darurat.

Sejumlah operator telekomunikasi pun diketahui turut mendukung Layanan Pekanbaru Siaga 112 ini. Untuk menggunakan layanan Pekanbaru Siaga 112, masyarakat dapat langsung mengontak nomor 112 dari sambungan telepon rumah atau seluler dari semua operator telekomunikasi tanpa biaya, karena layanan ini merupakan layanan bebas pulsa.

Layanan panggilan darurat 112 ditetapkan dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 10 Tahun 2016 tentang Layanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat. Sebagai nomor tunggal panggilan darurat, layanan itu ditujukan untuk menyediakan akses yang mudah diingat dan dihubungi masyarakat ketika terjadi kondisi darurat. (Kominfo2/RD3). 

173

Live Streaming Pekanbaru

Galeri Video



UCAPAN-UCAPAN

Akhbar Islam | Berita Artikel HikmahIUR - Informasi Utama RiauTutorial Jitu Akhbar IslamIndoportal - Portal Berita IndonesiaFirman Santosa - Jasa Web dan Aplikasi Riau